Cara Optimasi SEO di WordPress Terbaru 2019

Cara Optimasi SEO (Search Engine Optimization) penting dilakukan buat anda yang ingin menjadikan website anda no 1 di google. Artikel kali ini saya akan membahas tentang optimasi SEO secara basic yang memungkinkan untuk anda yang pertama kali terjun di dunia website. Cangkupan optimasi SEO basic termasuk, optimasi meta keyword, deskripsi, dan juga judul pada artikel. Sebelum lanjut ke tahap optimasinya, anda perlu tau tentang SEO terlebih dahulu.

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik optimasi yang tertuju untuk mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud bisa banyak, antara lain : Google, Bing, Yahoo, dan lainnya. Teknik yang dimaksud adalah cara optimasi artikel / website anda untuk dapat bersaing dipencarian paling teratas. No 1 adalah juaranya, itu yang harus anda tau tentang mesin pencari.

Cara optimasi SEO (Search Engine Optimization) di WordPress

Caranya sangat mudah untuk dipahami, dan perlu dicatat untuk tutorial ini akan fokus optimasi artikel saja. Lakukan apapun yang disebutkan di tutorial ini.

Hal yang harus anda lakukan :

  1. Install & Download Plugin “Yoast”
  2. Daftarkan website/blog anda ke Google Webmaster Tool.
  3. Submit sitemap anda di Google Webmaster Tool.

Jika 3 hal diatas sudah anda lakukan, anda bisa langsung ikuti tutorial dibawah ini.

 

Judul adalah Mahkota

Ini adalah bagian hal terpenting dalam optimasi seo karena judul merupakan section terpenting dalam meningkatkan page visitor. Beberapa rumus yang selalu saya pakai dalam membuat judul, antara lain :

  • How to %poin kontennya% Terbaru %Year%

Rumus diatas adalah rumus yang sering saya lakukan untuk membuat judul artikel, karena poin pertama adalah user akan banyak tertarik dengan kata “How to” atau “Cara membuat/melakukan/optimasi/dll” masih banyak lagi yang penting dan bisa dibuat tergantung poin kontennya, contoh:

  • Cara Optimasi SEO di WordPress Terbaru 2019

Meta Deskripsi

Bagian penting yang kedua adalah meta deskripsi, meta deskripsi adalah deskripsi yang akan muncul ketika anda melakukan pencarian di search engine. Meta deskripsi dapat membantu website / artikel anda untuk bersaing dengan website lain. Contoh meta deskripsi, seperti gambar dibawah ini:

contoh meta deskripsi

Menarik bukan ? dengan plugin Yoast yang sudah anda install, anda dapat membuat custom meta deskripsi dengan mudah. Caranya adalah dibagian Post anda scroll paling bawah sampai ketemu section Yoast SEO. Contoh seperti gambar dibawah ini :

yoast seo

Cara merubahnya sangat mudah, pilih Edit Snippet lalu masukkan custom meta deskripsi anda pada kolom Meta Description.

 

Keywords adalah Segalanya

Jika anda sudah paham mengenai keywords atau kata kunci, ini adalah jantungnya. Tanpa keyword artikel anda nothing! Jadi mulailah untuk menganalisa keyword yang cocok untuk artikel anda. Cara menganalisanya cukup beragam, bisa menggunakan pihak ke-3 ataupun menggunakan naluri blogger anda.

Tools Rekomendasi untuk Analisa Keyword :

  • Ahrefs
  • Semrush
  • Moz

Tools diatas yang sering saya gunakan, namun tools tersebut tidak gratis dan harganya pun sangat mahal. Jika anda anak sultan, anda wajib mencoba tools diatas.

Cara menganalisa keyword sepertinya tergantung kebutuhan artikel dan kemampuan, jadi tidak akan saya bahas disini. Jika anda sudah mempunyai keyword untuk artikel anda, langkah selanjutnya tinggal masukkan fokus keyword di section Yoast. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

optimasi keyword

Internal & Outbound Link

Internal link adalah tautan yang anda miliki di artikel anda, namun tautan masih terikat pada website anda. Contohnya adalah anda mengaitkan tautan ke homepage anda, itu termasuk internal link. Namun jika tautan kalian kaitkan ke luar website anda namanya adalah outbound link. Misalkan ke google.com, ataupun facebook.com

Menurut saya dengan membuat internal link dan outbound link adalah wajib dilakukan untuk membuat artikel yang berkualitas. Seperti jurnal yang selalu ada bab referensinya, itupun termasuk outbound link dan juga daftar isi yang selalu ada internal link ke tiap bab. Benarkan ??

Cara membuat artikel dengan mengikuti struktur jurnal adalah cara paling tepat dan juga paling keren menurut google dan search engine lainnya.

 

ALT Gambar = Keywords

Hal yang tidak boleh ditinggalin oleh seorang penulis maupun bloggger adalah gambar. Gambar adalah suatu bentuk visualisasi dalam penulisan artikel, artikel hampa tanpa gambar dan pembaca pun akan merasa bosan dengan tulisan yang tidak ada gambar / visualnya.

Tapi yang perlu kalian tau, gambar itu bisa membantu artikel anda menjadi no 1 di google. Caranya ? seperti sub judul diatas yaitu Alt gambar = keywords, yang berarti anda dapat memasukkan keywords pada alt gambar. Contoh seperti gambar dibawah ini :

keyword

 

Sekian tutorial cara optimasi SEO di WordPress terbaru 2019, mudah bukan ? Bagikan artikel ini ke teman – teman kalian melalui tombol share dibawah jika menurut kalian artikel ini sangat bermanfaat.

Good Luck!

1 comment

Tinggalkan Balasan